Search

Saat Menjelang Usia 21

Dinda, sudah hampir 21 tahun lamanya kamu diberi kesempatan oleh Allah untuk menjalani peranmu di muka bumi. Mari sejenak malam ini kamu pikirkan apa saja yang telah kamu lewati. Bukan untuk menunjukkan apa kamu telah melakukan hal yang benar atau salah, tetapi lebih berterima kasih kepada dirimu sendiri.
-
Pertama, aku mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya untuk diriku sendiri.

Terima kasih karena telah berjuang sampai sejauh ini. Terima kasih karena kamu tidak pernah menyerah, meski berbagai masalah yang mendera sampai air mata tak kunjung mereda pada malam-malam yang gulita.

Terima kasih karena telah belajar sesuatu yang amat berharga dari peristiwa yang menyakitkan hati. Yaitu, ketika kamu belajar mencintai dirimu sendiri; kamu belajar bahwa bahagiamu sepenuhnya adalah tanggung jawabmu, bukan orang lain; kamu belajar mengatur ekspektasi pada makhluk lemah bernama manusia, lalu memercayakannya hanya kepada dirimu sendiri dan kepada Allah Penguasa alam raya.

Terima kasih karena kamu mau berusaha memahami bahwa tidak ada keluarga -maupun orang tua- yang benar-benar sempurna. Namun, untuk memiliki keluarga yang harmonis tidak perlu menjadi sempurna.

Terima kasih karena kamu telah melakukan yang terbaik selama kamu menjadi seorang siswa. Kamu belajar dengan tekun bukan semata-mata karena kamu ingin mendapat nilai yang bagus, tapi karena kamu sungguh-sungguh mencintai proses mencari ilmu itu sendiri. Ilmu yang tetap berguna bahkan setelah kamu meninggalkan bangku sekolah. Ilmu yang akan menjagamu, insya Allah dengan kehormatan di dunia dan akhirat.

Terima kasih karena kamu tidak putus asa untuk terus melancarkan hafalanmu sampai hari ini. Tidak putus asa meski masalah keluarga yang mencabik-cabik semua alasanmu untuk tetap berjuang. Setidaknya kamu tahu apa itu makna menghafalkan Al-Qur'an dengan hanya berharap ridha Allah. Harapan di mana Dia berkenan mengampuni dirimu yang penuh dosa dengan wasilah hafalan yang kaupunya.

Terima kasih karena kamu tidak memendam masalahmu sendirian, tapi menceritakannya ke orang yang tepat. Bukan hanya agar lebih dipahami, namun juga berharap agar tidak dihakimi. Dan janjimu agar tidak menjadi “hakim” atas masalah orang lain, melainkan berusaha menumbuhkan empati.

Terima kasih karena kamu mulai belajar menerima bahwa dirimu sebenarnya itu cantik dan manis. Keindahan yang sempurna versi Allah untukmu. Walau tidak ada yang sempurna, kamu mengerti bahwa penerimaanmu yang sempurna atas ketidaksempurnaanmu juga merupakan karunia yang tak ternilai harganya.

Satu pesanku untuk dirimu di masa depan.
Jangan pernah mengkhianati kebaikan-Nya kepadamu. Jangan pedulikan kata-kata orang yang berusaha memengaruhimu untuk menentang perintah-Nya. Dia sudah teramat sangat baik padamu. Ingat, Dia menolongmu menyelesaikan masalah-masalahmu tatkala tidak ada satu manusia pun yang bisa kamu percaya dan dimintai pertolongan. Dia memberimu kemudahan dalam mempelajari dan menghafal ayat-ayat-Nya. Dia memilihmu di antara kebanyakan manusia di akhir zaman ini untuk menjaga risalah-Nya. Dia menempatkanmu di lingkungan yang baik. Seberapa berhasilnya pun kamu merengkuh dunia dan seisinya ini, meski matahari di tangan kananmu dan bulan di tangan kirimu, meski seluruh manusia tunduk dan memujamu, pada akhirnya... kamu akan kembali kepada-Nya dengan mempertanggungjawabkan segala perbuatanmu.

Maka, perlakukan manusia sebaik mungkin. Jangan pernah menyesal pernah berbuat baik, sebab kebaikanmu pada hakikatnya bukan untuk mereka, tetapi untuk dirimu sendiri,
dan, ada nikmat tambahannya di sisi-Nya.

“Jika kamu berbuat baik, sesungguhnya kamu berbuat baik bagi diri kamu sendiri.” (QS. Al-Israa’: 7)
dan….

للذين أحسنوا الحسنى وزيادة (سورة يونس: 26)

Kemudian, jaga sahabat terbaikmu, Al-Qur'an. Jangan datang sesekali lalu pergi!
Selamat ulang tahun!🎂🎊🎉
Semoga kamu bahagia lahir dan batin, sukses dunia akhirat, dan menjadi pribadi yang baik lagi meninggalkan kebaikan! ❤

Salam hangat,
Dari yang sangat menyayangimu,

Dirimu sendiri,
Dinda Aulia Putri
Di belakang kos aku, bagus kan? :D

Bekasi, 29 Maret 2019
20:50

0 comments:

Post a Comment